Mau Kiriman Buku Gratis dari Luar Negeri?

Aku pengen cerita sedikit pengalaman aku pernah dapet kiriman buku dan majalah gratis dari luar negeri. Iyaa, gratis. Alias gak ngeluarin seperakpun. Gimana ceritanya?

Nah, aku sebenernya terinspirasi dari novel Negeri 5 Menara. Siapa sih yang gak tau novel best seller ini. Kalo kamu udah baca, pasti tau kalo Alif dan teman-teman dulu waktu masih di pondok pesantren suka kirim surat buat dapat kiriman buku dan majalah dari luar negeri. Berawal dari sinilah semuanya.

IMG_4728.JPG

Siapa coba yang gak pengen dapet paket yang isinya buku gratis pula. Awalnya aku cuma sebatas mikir doang, apa mungkin jaman sekarang masih ada yang baik hati bagi-bagi buku gratis. Kan yang di novel juga udah lama kan. Yakali sekarang udah bagi bukunya berupa e-book aja. Tahun 2014, Isenglah aku coba nyari di gugel. Ketemu beberapa artikelย yang bahas tentang itu.

Semua saran di artikel itu aku coba. Setelah mengecek semua website yang direkomendasiin, ada yang bisa langsung submit buku/majalah yang kita mau. Ada juga yang mesti kirim e-mail ke merekanya. Semuanya aku coba. Sarannya gini:

Caranya :

1. Buat email pribadi (terserah mau di yahoo,gmail dll) jika surat dikirim melalu email (Gratis). bisa juga Kirim Surat melalui kantor Pos jika pengiriman MANUAL (tentu di pos prangkonya berbayar)

2. Lalu tulis ke alamat tertuju permohonan untuk dikirim buku ke alamat kita (bisa bahasa inggris atau arab) sesuaikan negaranya

3. Berikut contoh surat permohonnya yang saya kirim (B.inggris) : (Trikpedia)

Tapi untuk mengirim surat melalui pos belum aku lakuin hihi

Berbagai balasan aku terima beberapa hari setelah email terkirim. Ada yang bilang mereka gak ngasih buku gratis, ada juga yang email aku gak dibales. Aku agak ragu juga sih, apa salah satu dari institusi yang aku maintain buku/majalah ini bakal ngabulin permintaan aku? Tapi menurut para blogger yang udah pernah dapet, emang mesti sabar nunggu agak beberapa bulan. Soalnya kan pengirimannya jauh. Jadi wajar kalo makan waktu yang lama.

Daaan, jeng jeng, akhirnya setelah menunggu dalam waktu yang sangat lama, akhirnya paket bukunya datang untuk pertama kali bulan April 2015. Sekaligus tiga paket waktu itu. Kayaknya numpuk di kantor posnya. Waktu itu aku dapat paket dari majalah dari Travel Portland dan dua paket buku dari Conveying Islamic Message Society (CISM). Senengnya luar biasaaa pas Pak pos dateng ke rumah bawain paket itu. Thanks ๐Ÿ˜€

IMG_4722.JPG

Kalau CISM ini kalau aku gak salah kita langsung ke websitenya aja. Disitu ada pilihan kita minta buku apa aja dan dalam bahasa apa. Jadi setelah kita pilih mau yang mana, baru dikirim mereka. Sedangkan Travel Portland, sama juga dengan CIMS. Kita Cuma ngisi semacam formulir permohonan minta dikirim majalahnya di website. Setelah itu tinggal tunggu deh majalahnya sampe ke rumah.

Nah, aku lupa selang berapa waktu setelahnya, aku dapet lagi majalah ‘Akses’ dari Kemenlu, Aramco World dan Taschen. Majalah Kemenlu RI aku mintanya dengan kirim email ke kementerian luar negeri. Kalo mau kita mesti minta via email. Nanti baru dikirimin, gratis kok tenang aja.

Majalah Aramco World bagus banget. Tentang Islam gitu. Artikel-artikel dalamnya bahas tentang Islam, negara-negara Islam dan sebagainya. Sedangkan Taschen, itu kayak majalah seni gitu. Aku gak tau juga. Waktu itu aku asal ngisi form permohonan aja berdasarkan info dari artikel diatas. Ternyata (aku gak tau yah, berdasarkan pengalaman aku) Taschen isinya entahlaaah. Hahah gak cocok banget buat aku. Seni yang aku sendiri gak ngerti. Gambar-gambar di dalam beberapa tanpa busana, dan aneh menurut aku. Langsung aja majalahnya aku bakar. Barabe kalo sampe diliat orang, bisa-bisa aku dikira apaan -__- Jadi aku saranin gausah berlangganan Taschen deh.

Dan sekitar bulan Oktober 2015, tiga paket buku sekaligus datang lagi. Malah paket bukunya lumayan tebal. Sebelum-sebelumnya tipis, isinya satu atau paling banyak 3 buku tipis. Paket ketiga ini dikirim oleh Aramco World (again) dan Hakikat Kitabevi dari Turki. Aramco World itu sistemnya berlangganan. Jadi kalo ada majalah baru mereka pasti ngirimin ke alamat kita. Itu masa berlakunya selama dua tahun. Kalo masa berlangganan habis, kita bisa perpanjang.

IMG_4723

Dua paket tebal datang dari Hakikat Kitabevi. Waaah, banyak banget loh bukunya. Satu bungkus paket ada isinya sekitar 10 buku. Total aku dapet 20 buku. Banyak kan? Iyaaa, bisa bayangin gak senengnya gimana kalo dapat paket gratis isinya buku lagi.

Selain itu menurut artikel ini, ada beberapa website yang ngasih majalah/buku gratis lainnya. Seperti,

Atau jika tertarik mendapat kiriman dari Kedubes asing di Indonesia, bisa ikut saran artikel ini.

Jika ingin mendapatkan buku ,majalah dan peta tentang keadaan negeri asing. ada baiknya anda mencatat atau mendownload : alamat-kedutaan-besar-negara-asing-di-indonesia. tulislah dalam suratmu bahwa โ€˜I really want to know about your countryโ€ฆโ€. yang pernah kucoba adalah kedutaan amerika, arab saudi dan Swiss. yang paling cepat merespon dan ga pelit adalah kedutaan Amerika.

Namun, karena lama-lama orang tuaku gak senang dan rada takut juga dapat kiriman paket gitu, akhirnya aku stop-in deh. Alasan beliau karena takut nanti kedepan ntah paket dari mana yang datang ke rumah. Takut yang aneh-aneh. Kata beliau dikirimin paket berarti kita ngasih alamat rumah ke mereka. Dan sederet ketakutan lain yang menurut aku aneh aja. Tapi demi menjadi anak baik dan menut ke orangtua, jadilah aku berhentiin semuanya. Seenggaknya aku udah pernah dikirimin buku gratis dari luar negeri.

Ayok, ada yang tertarik dapat kiriman buku gak? Silahkan dicoba, semoga beruntung yaaah ๐Ÿ˜€

 

Dikutip dari:

abudira.wordpress.com

trikpedia.wordpress.com

sharingmama.blogspot.co.id

Advertisements

51 thoughts on “Mau Kiriman Buku Gratis dari Luar Negeri?

  1. waah mba Tika rajin banget ngumpulin bukunya
    disini saya sering nemu buku gratisan dari perpus lokal
    sering mikir kalo buku2 itu bisa berguna kalo dikirim ke Indo

    klo mba Tika masi tertarik ngumpulin buku insyaaAllah bisa aku kirimin klo pas nemu
    cuman ya gitu…bhs jerman aja hehee

    1. Hahahah waah mau banget mbak Riri… Iyaa aku rajin banget ngemis2 buku gratis wkwkw Nanti kabarin aja yah mbak kalo ada stok disana hahha aku mah bersedia nampung ๐Ÿ˜€

      1. Aku kumpulin dulu ya mba Tika, pokonya nanti kalo pas aku bisa ngirim aku kabarin mba Tika ya ๐Ÿ™‚
        (hehe tp ngga dlm wktu dekat ini gpp ya mba)

      2. Hahah okesip Mbak ri, nanti kabarin aja hahah *lompat-lompat saking senengnya*
        oiya, Mbak Ri gausa panggil mbak ke aku, aku masih 20 tahun hihi ๐Ÿ˜€

  2. alfath

    Halo, mau nanya nih. Dulu, waktu mbak mengirim permohonan ke Turki kalau boleh tahu meminta berapa buku? Apa seluruh judul dipilih? karena melihat gambarnya banyak banget buku yang diterima >.<

    1. Hai Alfath, kalau yg di Turki gak ada pake milih, emang dikirimnya semua buku itu. Iya, emang banyak banget. Saya aja sampe kaget pas bukunya datang, dua paket..

      1. haloo… alhamdulillah kiriman bukunya sudah datang. waktu itu maximal boleh pilih 6 jdul buku tapi waktu dibuka hanya 3 judul yang dipilih dan tambahan 8 buku berjudul yang tidak dipilih (total 11 buku). Kurang lebih 3 bulan dari email klarifikasi. ^^

      2. ini dari ‘Hakikat Kitabevi’ yang di Turki itu. Waktu itu, sesudah submit permohonan, saya penasaran dengan pengalaman yg lain jadilah mampir kesini. Belum percaya soalnya. Nah, ternyata memang tidak bisa memilih semua saat itu (mungkin beda waktu beda ketentuan ya?) tapi dengan mendapat bonus sebanyak itu ya alhamdulillah banget. semacam, “ini orang bener2 ngasih gratis ya?”, sedangkan sekarang jamannya ebook. Oiya pilihan ebook juga ada di websitenya, mungkin besok2 edisi cetak akan punah ya?
        *belum dibaca mbak, yg belum dibaca jg masih banyak hihi. Thank you yah sharing2nya, malah saya komen banyak. Kalau ada lagi info buku gratis lainnya ya mbak, non fiksi oke, non fiksi jga boleh ๐Ÿ™‚

      3. Nah, aku aja kaget pas dikirimin buku sebanyak itu dari HK. Tapi senang banget sih, seenggaknya nambah koleksi.
        Hahah siiip, boleh nanti kita saling sharing aja mas hihi…

      4. Halo Mbak Tika, ini aku Alfath pake akun wordpress..lupa kalau komen di akun ini pake akun blogspot. Btw Mbak.. aku dapet paket kedua sebulan dari paket pertama. gara-garanya aku baca buku yang ternyata perlu buku lain yang tidak kupesan. Jadi aku coba pesan lagi buku yang dimaksud, plus buku lain yang dulu pernah kupesan tapi tidak dikasih. Alhamdulillah…datang lagi deh segebok buku baru nya. ๐Ÿ™‚
        Oiya Mbah coba-coba juga hunting buku di instagram meskipun ya ga mesti dapet kayak di web2 yang pasti ngasih buku ๐Ÿ˜€
        *Happy long weekend ya ๐Ÿ˜‰

      5. Aku perempuan mbak.. ๐Ÿ˜„
        iya, pernah dapat tapi belum nyampe novelnya. Mungkin karena rumahku jauh dari Jakarta ya mbak ๐Ÿ˜€
        Ada Instagram nggak mbak..? kalau ada ntar ta mention2 buat ikutan kuiz, ntar kalo mbak Tika ga berkenan ama kuiz yang ta mentionin cukup diabaikan aja, barangkali kapan2 ada yg pengen diikutin gitu.para blooger yang kerja bareng penulis itu juga kebanyakan punya ig, jadi twitter juga diperlukan buat menjalankan perintah kuis, misal nih: “share info giveaway ini di akun twitter kamu dan dengan hastag bla blla bla dan mention ini itu dsb’

        Btw mbak, untuk yang majalah aramco, aku pake alamat yang bisa buat berlangganan, yang di sini kayaknya udah ga bisa di akses. Ini link yang nyambung:
        http://www.aramcoworld.com/en-US/About/Print-Subscriptions

      6. Haduuuh maapin aku yaah, gatau soalnya. Maaf mbak Alfath๐Ÿ™๐Ÿฝ
        Boleh boleh, yok follow2an di IG kita, akun aku @azariatika nanti aku folbek ya~
        Makasih udah sharing, mbak~

  3. AAAAKK!!! aku langsung excited pas baca bagian “dikirim 10 buku, total jadi 20” itu asik banget T__T aku mau nyoba aku mau nyoba! nanti kalo di tengah jalan ada yang bingung, aku boleh tanya-tanya di sini kan? ๐Ÿ™‚

  4. Pingback: Mau Kiriman Buku Gratis Dari Luar Negeri?

    1. Walaikumsalam,
      Ehm, setau aku sih yang dikasih buku-buku umum gitu, mas. kalo untuk buku sekolahan aku kurang tau sih soalnya gak perrnah dapet. Lagipula kebanyakannya yang dikirim buku2 islami gitu, mas.

    1. Halo, kemaren aku pilih bahasa Inggris, karena kalo gasalah (aku lupa ingat) gada pilihan bahasa Indonesia, jd yg aku pahamnya dikit yah inggris kan. Tp gatau sekarang udah ada pilihan bahasa indonesia apa belum hihi good luck yaah!

  5. Zulvi

    mbak tika…maaf boleh minta Pin atau akun FB ,mau tanyaยฒ sama yg lebih tau … aku mau coba tapi takut salah langkah… Kalo lewat blog rada susah klo mau tanyaยฒ๐Ÿ˜„
    Terima Kasih.. Salam kenal!!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    1. Permisi mau ikutan jawab…
      kalau novel lebih baik coba ikutan Giveaway yang diadakan akun-akun pecinta buku di instagram. Banyak pemilik intagram yang tinggal di luar negeri mengadakan giveaway novel. Jadi waktu akses instagram bisa dicoba cari #bookgiveaway, #booksgiveaway, #freebooks, novelgiveaway dan banyak lagi. Caranya kaya’ kita googling buku gratis. Tapi cara ini juga ga njamin kita pasti dapat buku karena memang kebanyakan hanya dipilih beberapa pemenang melalui undian atau bahkan kuis. Penerbit di Indonesia juga banyak yang ngadain giveaway novel di ig. Misal #bukurepublika, #penerbitharu, #penerbitspring,
      Di Twitter juga banyak kuis yang diadakan para blogger yang kerjasama dengan penerbit, atau penerbitnya langsung yang ngadain kuis misal @penerbitindiva @penerbit_BIP dan yg lain yang belum saya temukan ๐Ÿ˜€

    1. Ehm… Kalo buku anak aku kurang tau sih mbak, soalnya belum pernah dapet. Aku kurang tau juga sih ada apa enggaknya. Mungkin nanti aku coba cari lagi ya, Mbak. Kalo ada nanti aku buat postingan baru. Hihi, salam kenal, Mbak…

  6. Hai hai mbak tika… Salam kenal….
    Udah nyoba sih dan lagi proses nungguin bukunya nyampe…
    Btw, mbak tika pernah tau ga website sejenis yg dari Indo… Saya ada niatan utk mengirimkan majalah ttg indonesia ke temen2 abroad saya … Makasih ๐Ÿ™‚

  7. Halo kak, abis baca tulisan ini aku langsung coba submit beberapa buku. Lumayan, buat nambahin koleksi di mini perpustakaanku, hehehe.

    Oh iya, ada referensi website lain ga yah selain buku-buku muslim itu, kaya literatur atau buku-buku karya penulis klasik semisal Ernest Hemingway, George Orwell, John Steinbeck dll. Kalo ada boleh berbagi ya kak.

    Btw, terimakasih infonya. Salam kenal.

    1. Udah ada yang dikirim belum? Nah, kebetulan aku baru nyoba yang ini aja. Tapi kemaren temen ada yang ngasih tau kalo buku sejenis novel gitu bisa didapat gratis dengan cara ikutan giveaway di IG gitu, ada banyak katanya. Yah, untung2an sik. Dan yang ngadain ada dari internasional. search aja pake hestek bookgiveaway atau sejenisnya gitu.
      hehe salam kenal juga ya, thanks udah mampir.. good luck!

  8. Devi widianti

    Mbak.alhamdulillah aku baru aja dpt buku gratis dari CIMS buku tentang islam….2 bulan lalu iseng ikutan minta buku gratis.eh ternyata barusan ada paket dtng.pas diliat dr CIMS alexandria Egypt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s