Online Course, New Experience!

 

Kursus online, pernah dengar gak? Atau kamu mungkin udah pernah join salah satu kelas kursus online? Well, bagi yang belum pernah dengar atau belum tau sama sekali, kebetulan banget aku mau bahas ini sekarang.

Jaman sekarang bukan hanya barang yang dijual secara online loh. Jika lebih cermat, banyak banget yang bisa dilakuin dan temui dengan adanya jaringan internet inn, termasuk kursus online. Sebenarnya aku join kelas kursus online ini pertama kali tahun 2014 silam. Waktu itu aku mengikuti kursus online di UCEO, yang memang concern pada dunia entrepreneurship di Indonesia (kalian bisa gugel aja, karena aku lupa detailnya hehe).

Cuma dulu aku ya gak begitu fokus dan konsentrasi sih ikutinnya, karena memang bahasannya bisnis dan gak terlalu menarik buat aku pribadi, entah kenapa kalau bisnis aku lebih suka langsung prakteknya haha. Aku ikutan karena waktu itu iseng aja nyari eh ketemu UCEO dan ada kelas yang bakal dibuka, jadi singkat cerita aku langsung join aja. Lebih tepatnya nyari pengalaman sih. Waktu itu masa belajarnya selama 8 minggu kalo aku gak salah. Setiap minggu bakal ada beberapa materi baru dalam bentuk video dan pdf di websitenya (tentu setelah kita register dan tergabung dulu yaa). Kita bebas mau baca dan pelajari materinya kapan aja, yang jelas dalam waktu satu minggu itu. Ntar diakhir materi ada kuis, kita juga dikasih tugas setiap minggunya. Semua dinilai dari hasil kuis dan tugas yang dikerjakan. UCEO juga memberikan sertifikat bagi yang mengikuti kursus dengan baik dan mendapat nilai bagus. Namun waktu itu yang dinyatakan lolos hanya belasan orang dari puluhan yang ikut (saya gak termasuk hihi), jadinya mereka hanya dapat e-sertifikat saja. Kalau banyak peserta yang lolos, sertifikat akan dikirim langsung ke alamat rumah masing-masing.

Screenshot 2016-08-13 12.19.08.png

Gak jauh berbeda juga dengan kursus online di website yang basic nya lebih mengglobal. Yang sedang aku ikuti kelasnya sekarang adalah di futurelearn.com. Disini banyak banget kategorinya, ada politik, kesehatan, filosofi, ekonomi, psikologi, olahraga hingga bahasa dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, disini yang nyelenggarain kursus onlinenya itu berbagai universitas terkenal dan organisasi professional yang beken sih. Kayak Queensland University of Technology, The Open University, University of Birmingham, British Council, and many more!  Orang-orang yang ikut kursus disini banyak banget dan dari berbagai negara, dari yang muda hingga tua. Aku baru ikutan dua kelas sih dan sekarang kelasnya masih jalan. Aku ngambil kursus Football: More Than A Game dari The University of Edinburgh dan Spanish for Beginners 1 dari The Open University.

futurelearn.png

Sejauh ini aku enjoy banget ikutin kursusnya. Hampir sama juga kayak kursus waktu di UCEO dulu, materinya juga dikasih per minggu dalam bentuk video dan artikel. Yang aku ikutin sekarang, untuk kelas Football itu enam minggu dan kelas Spanish cuma empat minggu. Kalo kelas Spanish for Beginner paling enak sih, entah mungkin karena aku emang pengen banget belajar bahasa yang satu ini hihi.

Kuis yang ada itu bukan untuk menjadi penilaian dan patokan kemampuan kita. Kuis hanya untuk mengarahkan kita pada hal-hal yang penting dari suatu materi. Kalo belum bisa menjawab kita boleh baca lagi materinya. Mereka gak memaksa kita untuk mengingat semua materi yang diberikan, yang diperlukan hanya point dari suatu artikel itu apa, itulah yang mereka ajarkan dari kuisnya. Di setiap materinya juga kita diberikan pertanyaan-pertanyaan yang membantu kita berpikir dan mengarahkan kita pada apa yang akan dibahas. Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kita tulis di kolom discussion. We’re free to answer what we think. Itu sih yang paling aku suka. Gak bakal ada yang nyalahin pendapat kita. Disini juga kita bisa saling bertanya dan tukar pemikiran dengan mereka yang juga mengikuti kelas tersebut, bahkan juga dibalas dan diskusi dengan mentor. Tes baru akan diberikan di minggu-minggu terakhir menjelang kelas berakhir, tapi tergantung kursus yang kita ikuti juga sih.

Screenshot 2016-08-13 12.14.08.png

Jika di UCEO dulu sertifikat diberikan secara gratis, kalo disini kalau mau sertifikatnya ya mesti bayar. £49.00 dapat yang diprint sama digital, itu udah masuk biaya pengiriman. Tapi aku gatau juga proses dapetin sertifikatnya gimana karena kelas yang aku ikuti masih berlangsung.

Jadi kalo kamu mau belajar sesuatu yang baru, gak ada salahnya mencoba. Ini gratis loh. Ilmu yang kita dapat dengan bermodal internet dan juga waktu pastinya. So far, aku ngerasa enjoy banget. Gimana dengan kamu? Apa udah pernah ikutan kursus online? Yuk berbagi disini….

Advertisements

4 thoughts on “Online Course, New Experience!

    1. Halo, mas. Waaah, kayaknya suka nyari kursus online nih hihi. Boleh juga nih, ntar saya coba deh. Tapi ya futurelearner aja udah lama banget gak saya ikutin lagi. agak (sok) sibuk gitu, jadi yaa jarang nongkrong disana lagi. thanks infonya, mas. Salam kenal :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s