Bertemu Ale di Critical Eleven

Postingan kali ini buat kalian pecinta novel. Kali ini aku pengin mereview novel dari Ika Natassa yang super duper kece dengan Ale dan Tanya yang sukses buat aku klepek-klepek. Hahaha oke, lebay!

Yap, that’s Critical Eleven. Alah telat kali yah baru sekarang di-review. Gapapa, tak ada kata terlambat, yakan? Lebih baik telat daripada tidak sama sekali, eaaak.

Novel Critical Eleven adalah novel best seller karya Ika Natassa. Siapa sih yang gak kenal Mbak Ika? Penulis novel-novel ketjeh kayak Divortiare, antologi rasa, a very yuppy wedding, dan -you know others lah ya-.

Critical eleven itu istilah dalam dunia penerbangan. Ada sebelas menit kritis yang palig sering terjadi kecelakaan. Tiga menit pertama dan sebelas menit terakhir. Sama kayak kita ketemu sama seseorang. Tiga menit awal kita kritis ngeliat orang itu gimana, dan delapan menit terakhir kita bakal mutusin apakah pertemuan itu ingin segera diakhiri ataukah dilanjutin ke tahap selanjunya. Nah, dari penjelasan itu aja udah kebayang dong gimana kerennya novel ini, huaaaaah.

Karakternya utamanya ada Tanya Baskoro dan Aldebaran Risjad. Dari namanya keren banget kan? Yang narik perhatian aku yah gak lain Ale (panggilan Aldebaran) dong😁

Baru baca bab awalnya, novel berwarna biru dengan gambar peswat ini udah menghipnotis aku untuk terus lanjut baca. Novelnya kayak manggil “baca gue baca gue baca gue….” Hahahah Bikin candu. Hanya butuh waktu dua malam buat nuntasin bacanya. Mati lampu pun tetap aja dilanjutin.

Aku suka banget novel ini selain karena penggambaran karakter yang tidak terlalu fiktif, seolah-seolah nyata. Aku kayak nyaksiin Ale dan Tanya/Anya memainkan peran masing-masing. Mbak Ika menurut aku sukses banget buat semua karakter hidup dalam imajinasi pembaca. Secara bergantian Mbak Ika jadi karakter berbeda. Cerita disampaikan dengan sudut pandang dari ale dan anya.

Nah tau gimana reaksi aku waktu baca novel ini? NANO-NANO! Excited, seneng, senyum-senyum sendiri, teriak-teriak, dan AAAAAAAAAAKKKKKK!!! Pokoknya cerita dan alurnya bikin aku pengen peluk Mbak Ikanya karena udah ngasih wahahah

Eh ada warning loh ya baca novel ini! Hahah nanti setelah baca novel ini jangan sampe gila nyari Ale didunia nyata, yah. Kayak aku yang jatuh cinta banget sama karakter Ale yang hanya fiktif belaka. Kalo pun ada ntah kemana bakal aku cari wkwkwk

Ada satu lagi, sebaiknya novel ini dibaca kalo kamu udah diatas 18 tahun yah. Karena kisahnya ‘prikitiw’ banget hahaha soalnya dibagian belakang novel gak dicantumin buat dewasanya. Padahal menurut aku novel ini tergolong novel dewasa hihi. Recommended bangetlah! Kalo kamu belum baca segeralah ke toko buku terdekat. Kalo udah baca yuk share pengalamanmu pas baca novel ini 😀

10 thoughts on “Bertemu Ale di Critical Eleven

  1. Pingback: Antologi Rasa: Another Story of Risjad Brother | Tika Azaria

  2. Pingback: Book Review: Critical Eleven, Ale dan Anya Jadi Nyata – Tika Azaria

    1. Iya suka banget, malahan sampe nungguin filmnya Mei ntar hihi. Iya sih, endingnya agak kurang. Tapi it means nothing lah dengan pengemasan cerita yang luar biasa dari Kak Ika, imo.
      Salam kenal, mas. Thanks udah mampir yaa 😀

      1. Aku punya semua buku nya karna kepo sama gaya bahasanya sih, cara dy menjelaskan karakter per karakter bagus, bener kata mbak tika, kaya ny adk aku yg smp blm boleh bacaa.
        Btw, salam kenaal jugaa, aku baru sadar ternyata mbak yg wawancaranya aku ganggu

      2. Semuanya? 8 novel? Wuiiih aku baru punya 4.
        Astagaaa, aku ingat, haha. Kayaknya dosen aku ngakak liat hasil videonya.
        Ps. Kayaknya manggilnya gausah pake mbak lah😂 lebih muda soalnya~

Leave a Reply

