Belanja Buku di Toko Online

Hk-photographer-book-package-2

http://www.history-studio.com/wedding-photography-hong-kong/usb-packaging-photo-book/

Semakin canggihnya teknologi, semakin membuat manusia malas karena bebagai pekerjaan telah dimudahkan. Jika dulu mengunjungi toko buku dan membawa beberapa buku pulang adalah hal paling menyenangkan dalam hidupku, seenggaknya bisa menghilangkan stress, sekarang malah sebaliknya. Lebih milih beli buku yang diantarkan kurir ke kosan. Nah, semakin maraknya toko online yang menjual berbagai dagangannya termasuk buku. Sebenernya aku udah sering juga belanja buku di toko online. Selain gak sempat pergi ke toko buku, juga karena harga di toko buku online lebih murah. Dan untuk beberapa ketegori tertentu susah didapat disini, makanya aku memilih belanja online.

Aman gak? Yah itu tergantung belinya dimana yakan. Kalo aku baru nyoba belanja di dua website, bukabuku.com dan belbuk.com dan kedua ini aman banget.

Lebih enak belanja dimana? Ehm, ini tergantung sih. Aku biasanya beli buku untuk kuliah di belbuk karena lebih lengkap aja untuk kategori ini menurut aku yah. Udah sering, apalagi kalo buku yang mau dibeli susah dicari.

Nah kalo untuk kebutuhan novel aku beli di bukabuku, baru pertama sih kemaren. Soalnya rekomendasi dari temen disini lebih murah dan lengkap. Iya, jauh banget lebih murah dibanding toko online lain dan terlebih dibanding toko buku offline.

Tapi aku punya catatan nih untuk kedua toko online ini berdasarkan pengalaman aku yah,

– [ ] Di bukabuku, meski lebih murah dan lengkap dengan berbagai potongan harga, ada sedikit pengalaman yang kurang mengenakkan sewaktu kemaren melakukan order. Ketika melakukan order di website buku yg aku pilih stocknya tersedia semua, tapi beberapa hari setelah transfer dapet email pemberitahuan kalo tiga buku yang diorder gak tersedia. Kan agak kesel gimana gitu yah. Padahal itu semua buku serasa udah jadi milik, eh gagal. Tapi, ini nih kelebihan toko online ini, dimana jika buku tak tersedia bisa diganti atau uang bisa di deposit atau di kembalikan (refund). Jadilah kemaren uang saya ada yang dikembalikan.

– [ ] Kelemahan dari bukabuku ini prosesnya terbilang lama. Jika di belbuk pesananku akan sampai dia-tiga hari setelah transfer (sesuai jenis pengiriman) orderan sampai, tapi kalo di bukabuku nunggu lebih dari seminggu dulu baru nyampe. Prosesnya agak lama sih. Tapi jasa pengiriman di bukabuku ada dengan pos, sehingga lebih murah untuk ongkirnya. Bahkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa dibayar di tempat.

Sejauh pengamatan (berdasarkan pengalaman) ku itu sih perbandingan kedua toko buku ini. Atau ada yang punya pengalaman belanja di toko buku online ini atau toko online lainnya boleh juga di share yah.

Leave a Reply

