Book Review : RINDU -Tere Liye

Pertanyaan pertama Saya adalah, Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar atau melihat novel terbaru Tere Liye, Rindu? Kisah cinta? Tentang sepasang kekasih yang saling rindu? Totally, you are wrong!

Novel yang terbit di bulan Oktober tahun lalu ini mendapat sambutan yang hangat dari para pecinta novel Indonesia. Terbukti dalam kurun waktu tiga bulan saja sudah mengalami tujuh kali cetakan. Emang biasa sih novel dari Darwis ini memang sangat diminati oleh Book Lovers.

Pada Novel yang tebalnya 544 halaman ini, sang Penulis mengisahkan tentang perjalanan kerinduan ke tanah suci Mekah. Dimana cerita mengambil settingan tahun 1938, yang pada saat itu negara kita, Indonesia masih dijajah oleh Meneer Belanda. Dalam perjalanan ini, ada lima pertanyaan yang dibawa oleh masing-masing orang yang berbeda pula.

Berbeda dengan novel sebelum-sebelumnya, seperti misalnya Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Novel ini menjawab lima pertanyaan dari tokoh utamanya, Ray. Namun, novel yang satu ini menceritakan bukan hanya satu kisah seseorang, melainkan kisah dari lima orang tersebut.

Ketika saya membaca novel ini, saya teringat akan cerita dari salah satu novel karya author yang sama, Sang Penandai. Tentang cerita si kelasi pendiamnya yang bersedih hati karena tidak bersatu dengan sang pujaan hati. Meski di novel Rindu karena si gadis akan di jodohkan, sedangkan di novel Sang Penandai, gadisnya mati karena meminum racun.

Jujur, novel ini benar-benar di luar ekspektasi sayaa. Cerita yang diangkat baru memasuki konflik yang sebenarnya ketika di bab-bab akhir. Meski di awal-awal sudah disajikan konflik pribadi tokoh. Yah, pokoknya ini novel ini masih jauh berada dibawah novel-novel sebelumnya.

Namun, begitulah Tere Liye. Ia mengimajinasikan seorang tokoh yang begitu bijak. Menjadi guru kehidupan bagi pembaca. Disitulah kepintaran Tere Liye sebagai seorang penulis, sehingga Ia menjadi penulis terkenal dan karya-karyanya selalu di terima masyarakat 😀

Dan masih, novel ini layak untuk dibaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s