Book Review : Jalan-jalan Setahun bersama Trinity Part 1

Siapa yang gak tahu novel perjalanan ‘The Naked Traveler’ karya mbak Trinity?

Trinity adalah penulis non-fiksi lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dan lulusan S2 dari Asian Institute of Management di Filipina. Ia sudah menulis beberapa novel dan berkolaborasi dengan penulis-penulis Indonesia lainnya.

‘Tukang Jalan-jalan’, itulah profesinya. selain menulis buku ia juga seorang blogger. Dan semuanya tentang jalan-jalan.

The Naked Traveler 1 year Round-The-World Trip ini merupakan novel yang terdiri atas 2 bagian. Part 1 dan Part 2. Kali ini saya hanya akan mengulas mengenai part 1 aja. Yang part 2-nya belum dibeli sih hehe

Pernah kepikir gak sih kalo kamu bakal jadi backpacker selama setahun? Iya men, setahun?! Saya enggak! Pasti ribet banget. Selain butuh banyak bujet, kita juga perlu membawa banyak sekali perkakas. pakaian, berbagai perangkat gadget, dokumen-dokumen. Sumpah gak kebayang ribetnya.

Mbak Trinity membuat semuanya menjadi mudah. Dia melakukan perjalanan keliling dunia selama setahun bersama sahabatnya, Yasmin.

Yang menarik, rute perjalanan yang lebih fokus untuk menjelajahi keindahan alam negara-negara latin. Awalnya saya pikir ini gak menarik. Pasti ‘ntar cuma ngebahas segelumit cerita dari negara yang tidak seklassik dan semodern negara di benua Eropa. Tapi saya salah besar! ternyata negara-negara seperti Brasil, Kolumbia, Peru, Ekuador, chile, kuba dan lainnya punya banyak situs pariwisata yang jarang menjadi destinasi bagi warga Indonesia.

Jujur, gue yang cita-cita pengen travel keeliling duniia, masih menjadikan Eropa sebagai top list untuk dikunjungi. Terutama Spanyol. Selain tindakan kriminal yang masih tinggi di selatan benua Amerika, dan tempat wisata yang tidak begitu terpublikasikan -khususnya di Indonesia-. Masyarakat latin yang juga jarang bisa berbahasa Inggris juga menjadi faktor penghambat.

Tetapi setelah membaca buku ini sampai tuntas, mbak Trinity bikin saya ngiler. Berada di ujung paling selatan dunia, merasakan indahnya pantai Ipanema dan Copacabana yang tersohor, memancing di sungai Amazon, berkunjung ke Machu-picchu, berada di titik 00 garis ekuator dan masih banyak lagi.

Trinity mengajak pembaca seolah berada di tempat yang diceritakan. Menyampaikan dengan seberapa adanya. Melaporkan dengan blak-blakkan. Sehingga ini tidak disarankan untuk dibaca bagi yang belum cukup umur alias 17 tahun kebawah.

Tidak hanya mendeskripsikan situs, Triniity juga membagi berbagai tips untuk kamu yang berniat mengikuti rutenya. mulai dari prepare, mengurus dokumen seperti visa, memilih hostel, dan tetek bengek lainnya. Mbak Trinity paling oke banget kalo ngebandingin negara luar dengan negara tercinta Indonesia. Dibuku ini juga kita bisa berbangga menjadi orang Indonesia. kenapa? hahaha cari tau sendiri!

Dan Trinity berhasil membuat saya tertarik untuk berkunjung ke Machu Picchunya Peru. Aaarrrggghhhh, setelah Eropa, Peru menjadi negara tujuan selanjutnyya.

Tak ada sesuatu yang sempurna. Buku ini menurut saya tidak terlalu banyak menyediakan informasi mengenai bahaya yang ada di sana, semacam pencurian, copet, kekerasan, dan sebentuk tindakan kriminal lainnya. Tempat restoran halal, serta tempat-tempat ibadah bagi kita kaum muslim. Karena memang buku ini bersifat umum. Ia hanya menginformasikan agar berhati-hati memilih hostel.

But, Over All buku ini bagus kamu baca sebelum memulai perjalanan ala bacpacker 😀 Travelling lah selagi anda muda! Saya pengen kutip kata-kata Mark Twain dalam buku TNT.

Twenty years from now you will be more disappointed by the thing that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s