Bagaimana Cara Memperingati Hari Pahlawan?

Gaesss, tau hari ini hari apa?

Yap, hari inii tanggal 10 Nopember yang diperingati sebagai hari pahlawan. Disini gue gak bakal cerita panjang lebar tentang sejarah Hari Pahlawan, tapi gue cuma mau ngasih pertanyaan buat lu.

“gimana caranya memperingati hari pahlawan?”

Apa memperingati hari pahlawan itu dengan bikin acara atau perlombaan semisal yang bertema kepahlawanan? bisa jadi lomba natar kampung, kecamatan, kabupaten atau bahkan provinsi? atau ngadain seminar tentang hari pahlawan gitu?

Sebenernya gak salah bikin acara yang demikian. Ga salah memang, bisa jadi dengan acara demikian nilai-nilai Keepahlawanan bisa disuntikkan dalam diri dan kehidupan anak muda zaman sekarang.

Pertanyaan itu gue lontarkan tadi pagi ke salah satu temen sekelas gue di kampus, Mbak Etyk -orang yang menurut gue punya jiwa nasionalis yang tinggi-, kenapa gue ngomong kayak gitu?

Sedikit gue cerita tentang bagaimana cintanya Mbak Etyk terhadap Indonesia -cieileeehhh-. Sekitar sebulan yang lalu, persisnya tanggal 2 Oktober di peringati sebagai hari batik nasional. Nah Mbak Et itu ngebela-belain beli jilbab baru yang ada unsur batik-batiknya demi memperingati Hari batik, sumpah salut gue. Masih banyak sih bentuk Nasionalisnya Mbak Et, tapi ga mungkin juga gue omongin, lagian juga udah lupa haha pokoknya dia orangnya cinta tanah air gitu deh.

Kembali ke topik awal. Sebernya gue sendiri hampir lupa kalo hari ini tanggal 10 Nopember, dan lagi-lagi Mbak Et yang ngasih tau x_x

Terus gue langsung aja nanyain pertanyaan diatas kedia. Mbak Etyk langsung jawab gini,

Karena kita udah gak berada di zaman perang lagi, jadi otomatis yang bisa kita lakuin sebagai seorang Mahasiswa untuk hargain semua usaha para Pahlawan itu ya dengan cara mencerdaskan diri semampu yang kita bisa…

Nah ada beberapa kata yang ngena banget. “…mencerdaskan diri semampu yang kita bisa…”  Ini tuh punya makna yang daleeemm banget.

Emang di zaman sekarang, anak sekolahan (mulai dari itngkat dasar hingga di bangku perkuliahan) itu diajarkan bahkan dituntut untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya. Jadinya, apapun bakal dilakuin oleh pelajar biar bisa dapet nilai A. Tak peduli meski dengan cara-cara yang tak lazim 😀

katanya lagi, mencontek itu akar dari korupsi yang merajalela sekarang ini. Pelajar tak lagi berakhlak bahkan tak bermoral.

Iya sih sebenernya jawabannya dia bukan jawaban yang baru lagi, tapi masih ada anak muda yang bisa berfikiran sekritis ini. Bisa saja itu cuma pandainya lidah yang berkilah, tapi sebagai temen yang tau gimana dia keseharian, Mbak Etyk itulah orang yang menerapkan itu gitu loh. Dia orang yang idealis banget. Ga mau mencontek meski ada kesempatan. Itulah dia.

So hari ini gue dapet pelajaran berharga. Mbak Etyk kembali menyadarkanku bahwa memperingati hari pahlwan itu bukan cuma hari ini, tapi keseharian dilihat dari apa yang kita lakukan.

Dan tentu saja Terima Kasih Para Pahlawan yang rela meneteskan darah demi Negeri kita tercinta. Semoga jiwa ragamu tenang bersemayam disana. Tak sedih menangis menyaksikan kehidupan di Negeri Ibu Pertiwi ini sekarang.

HARGAILAH JASA PARA PAHLAWAN!!!

2 thoughts on “Bagaimana Cara Memperingati Hari Pahlawan?

Leave a Reply

