Ikhlas Nerima gak?

“Hari ini sudah sedekah belum?”

Pertanyaan ini keluar dari speaker radio di kamar. 

“..cobalah untuk mengumpulkan uang-uang receh yang Anda sia-siakan dirumah. Mungkin Anda menganggap recehan itu tidak ada nilainya, tapi berapa banyak orang di pinggiran jalan sana yang mengharapkan serpihan-serpihan logam itu ada dalam ember di tangannya? Latihlah diri untuk memulai hari dengan memberi manfaat dan kebahagiaan untuk orang lain.”

Serius, gue terenyuh mendengan ini semua. Seketika, malam itu juga gue langsung malakukan apa yang sumber suara itu perintahkan. Terkumpullah beberapa uang logam seratusan dan seribuan. Langsung gue masukin dompet.

Kejadian ini sekitar dua mingguan yang lalu. Siang itu gue ada keperluan ke salah satu bank. Tertera bank akan tutup jam 15.00 wib, dan waktu itu sudah pukul 14.50 wib. sesegera gue turun dari motor dengan temen gue, Jene. 

Tiba-tiba datanglah seorang ibu sambil mengarahkan  ember kecilnya kehadapan gue. Sontak dalam ketergesa-gesaan gue, teringat perintah bersedekah yang sudah di intruksi-kan semalem. Spontan gue keluarin dompet ngambil recehan seribuan beberapa keping, terus gue kasih deh. 

Nah, pas gue liat wajah ibunya kayak ga ikhlas gitu nerimanya. Rona wajahnya berubah seketika. yah gue yang awalnya memang berniat baik ingin berbagi, terus terang saja jadi mikirnya aneh dong. masa udah dikasih, senyum aja kek gitu. Yang lebih parahnya lagi, itu ibu langsung pergi tanpa sepatah kata makasih, Yaampun.

Jujur, gue bukannya ngarepin makasih atau sanjungan dan semacamnya. Tapikan niat gue yang pengen bahagiain orang belum tercapai dong? ngeliat raut wajah ibunya aja gue jadi gimana gitu.

Mesti yah kita kalo ngebagi dengan orang lain itu banyak? 

Tapi yasudahlah, mungkin juga ibunya lagi capek abis kelilingin kota. semoga Ibunya selalu di lindungi Allah, di lancarkan rezekinya, amiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s