Dari SKPM IPB, akhirnya Ilmu Komunikasi UR

Gw punya cerita tentang ini nih, dan itu cerita SEDIH! hihi

Baik, gw gatau mesti ceritanya dari mana dulu. Dari mana ajadeh yees ๐Ÿ˜€

Oke, gw bocah tamatan SMA tahun ini, tahun 2014. Awalnya jujur gw tuh ga tertarik sedikitpun, seujung kukupun enggak sama IPB. Yah maklum gw memang pengen banget kuliahnya dibidang sosial. Dan IPB adalah kampus IPA, ya begitulah.

Kapan gitu gue baca-baca cerita travelling orang di blognya. Nemu deh gw blog milik anak IPB. Sebut saja nama kakak itu Anis. Kak Anis sekarang kuliah Magister di sana. Dan sedang menjalani study di German, keren gak sih? Banget malah!

Akibat tulisan-tulisan dan postingan kak Anis di blog dan sosmed, boleh dibilang gw langsung jadi Anis’s Fan heheh ๐Ÿ˜€ Kakak Motivator deh gw bilang.

Dilain waktu, ada tuh anak Kampar yang kuliah di IPB ngasih sosialisasi gitu ke sekolah aku. Yah di detik-detik terakhir kelas XII, SMA seakan menjadi semacam sarana memasang iklan. Dimana-mana iklan, mulai dari PTN, PTS hingga sekolah tinggi.

Mereka juga membagikan kertas yang berisi semua fakultas serta jurusan yang ada di IPB. Seketika mata gw tertuju pada satu jurusan, SKPM ๐Ÿ˜‰ Satu kata, UNIK.

Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Institute Pertanian Bogor atau lebih akrab disapa SKPM IPB atau KPM saja, merupakan jurusan yang tergolong Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) menjadi tempat menuntut ilmu impian aku. yah kalo boleh cerita sih, hampir tiap malem mimpi nyampe Bogor terus hehe *ngenes banget kan gue*

Yang pastinya KPM itu beda sama Jurusan Ilmu Komunikasi di kampus lain. Disini, kita belajar komunikasi yang berhbungan dengan masyarakat. Menurut salah seorang narasumber gw -lulusan KPM-, Ilmu komunikasi yg kita pelajari ya pastinya dibutuhkan dalam membantu pengembangan masyarakat. Kita biasa turun langsung ke lapangan, ke desa-desa gitu. Yah singkatnya sih belajar dari masyakat. Keren kan?

Yang paling bikin aku lebih nganga itu Fakultas ini tergolong baru, satu-satunya yang ada di Indonesia. Konon katanya, bukan cuma di Indonesia, tapi di Asia Tenggara. ampe-sampe orang kaget gatau pas denger gelar dari lulusannya. hehe

Meski orang tua gak ngijinin, gw tetep aja daftar kesana lewat jalur SNMPTN.

Hadist memang ga pernah salah, “Ridho Allah bergantung pada ridho Orang tuamu dan murka Allah tergantung kepada murka kedua orang tuamu”.ย Gitu deh, GE GAK LULUS, namanya juga belum rezeki. Sempet galau maksimal. Galau segalau-galaunya. Tapi ga sampe bunuh diri deh hihih

Terpaksa di jalur nasional terakhir yang tersisa / SBMPTN, gw ga berani menentang atau durhaka lagi sama Ayah. Aku hanya mengambil Universitas dalam kota saja, UNIVERSITAS RIAU. Tentu jurusannya ga perlu ditanya lagi, Jelas Ilmu komunikasi jadi opsi pertama dan dua opsi lainnya.

Singkat cerita, tanggal 16 Juli kemaren gw lulus di jurusan impian, meski bukan di Universitas harapan. Seketika gue merasa sudah berada di jalur kebenaran haha maksudnya Sport Journalist seperti sudah di depan mata.ย Walau kecewa gak lulus di IPB, tapi tak mungkinkan gw menyalahi dan mengintervensi skenario Tuhan? Garis hidup yang udah di tulis di lauhul mahfuz.

Karena memang dalam setiap doa, gue berharap Tuhan ngasih yang terbaik buat gw, yang TERBAIK! Dan inilah yang terbaik. Toh juga gw harus bersyukur, karena begitu banyak mantan siswa yang sama-sama berjuang dengan gw tp punya nasib yang tidak seberuntung gw. Meski bukan PTN favorit di Indonesia, UR jadi Universitas favorit di Riau, so gw ikut bangga bisa jadi mahasiswa disana.

Syukuri apa yang sudah kita miliki dan daapatkan. Syukuri kita bisa merasakan pendidikan di jenjang perkuliahan. Tapi begitu banya mereka-mereka yang tidak punya pilihan. Hanya menyaksikan kita menggunakan almamater kebanggaan. Tapi mereka justru malah banting tulang bercucuran keringat.

Alhadulillah.. ๐Ÿ˜€

 

Advertisements

7 thoughts on “Dari SKPM IPB, akhirnya Ilmu Komunikasi UR

  1. hanata

    wah… cerita nya sesuatuu banget kak.. ๐Ÿ˜€
    hhehe..
    jadi lebih semangat lagi nih buat terus berusaha mencari yg terbaik dengan ridho Nya,
    aku juga minat ke SKPM IPB.
    semoga Allah memberi yg terbaik.
    aamiin. ^_^

    1. Hehe iyaa, ini mah dulu. Meski kadang masih keingat juga, tp yakin aja Tuhan ada jalan buat kita. Sesuatu terjadi bukan tanpa sebab, jadi yuk, move on. Semoga bisa ke jogjanya S2, aamiin ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s