Akankah Sejarah menentukan Sang Juara Dunia 2014?

stadium

Akhirnya setelah malalui perjalanan panjang dan menguras emosi dan jiwa -ceelaahh- Argentina berhasil lolos ke babak final setelah berhasil menaklukkan Belanda lewat drama adu penalty 4-2.

Perjuangan Argentina tentu belum berakhir, pasalnya di pastai pamungkas, Der Panzer sudah menunggu di Maracana. Tentu Jerman bukanlah tim yang mudah, ketika mereka melumat sang tuan rumah dengan skor mencengangkan 1-7.

Ini bukan final pertama bagi kedua tim, jelas laga ini mengulang dua final sebelumnya yakni tahun 1986 dan 1990. Ada beberapa fakta menarik dari 2 final tersebut.

Ketika Piala Dunia di gelar di Mexico pada tahun 1986, final pertama yang mempertemukan kedua negara, Argentina keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Jerman, yang saat itu masih  bernama jerman barat dengan skor 3-2. Empat tahun berlalu, tahun 1990 di Italy, Die Mannschaft sukses membalas misi balas dendam sekaligus meraih tropi ketiga ketika harus menuntaskan Argentina 1-0.

Ada yang menarik ketika kedua World Cup tersebut diadakan di benua yang berbeda. Ketika diadakan di Benua Amerika, Argentina yang merupakan negara dari benua tersebut menjadi pemenang dan ketika diadakan di benua Eropa, gantian Jerman -juga negara eropa- yang mengangkat tropi emas. Artinya, di saat Copa del Mundo ini diadakan di negara sebuah benua terntentu, maka negara dari benua tersebutlah yang menjadi pemenang.

Bukan cuma dua fakta diatas, kita flashback memorial Piala Dunia mulai dari tahun 1962 hingga 2010, emapat tahun lalu di South Africa.

TAHUN NEGARA PELAKSANA BENUA NEGARA PEMENANG
1962 CILLE BENUA AMERIKA BRAZIL
1966 INGGRIS BENUA EROPA INGGRIS
1970 MEKSIKO BENUA AMERIKA BRAZIL
1974 JERMAN BENUA EROPA JERMAN BARAT
1978 ARGENTINA BENUA AMERIKA ARGENTINA
1982 SPANYOL BENUA EROPA ITALY
1986 MEKSIKO BENUA AMERIKA ARGENTINA
1990 ITALY BENUA EROPA JERMAN BARAT
1994 AMERIKA SERIKAT BENUA AMERIKA BRAZIL
1998 PERANCIS BENUA EROPA PERANCIS
2002 * KORSEL DAN JEPANG BENUA ASIA BRAZIL
2006 JERMAN BENUA EROPA ITALY
2010 * AFRIKA SELATAN BENUA AFRIKA SPANYOL

Nah, lihatkan? ituloh fakta bahwa lebih dari 50 tahun sebuah sejarah belum terpatahkan. Negara pemenang Piala Dunia paling bergengsi ialah negara yang berada di benua yang sama dengan diadakannya piala dunia tersebut. 

Finalis tahun ini merupakan perwakilan dari dua benua berbeda, Eropa dan Amerika. Lalu tidakkah kita terlalu dini untuk menyimpulkan Albiceleste akan menjadi pemenang karena mereka berada di benua Amerika? Belum tentu! Natioanl Mannschaft lawan yang tagguh. Pasti belum lekang diingatan kita ketika mereka membatai portugal 4-0 lalu meluluh lantakkan brazil 7-1. Der Panzer juga yang sudah memberikan tiket pulang kepada Ayam Jantan, Perancis.

Jika kita mengulas kembali memori Indah Muller dkk ketika WOrld Cup di Afrika Selatan empat tahun silam. Masih terngiang empat gol Jerman memupus mimpi Maradona membawa Argentina menjadi penguasa dunia, yang saat itu dibawah asuhannya.

Tentu final ini sangat ditunggu-tunggu oleh penikmat sepakbola dunia. Duet Klassik yang mempertemukan kembali seteru lama. Messi dkk yang ingin mempersembahkan tropi ketiga sebagai kado hari kemerdekaan bagi negaranya. Serta Lahm dan kolega yang ingin menyamai tropi milik Italy sebagai pengoleksi piala emas terbanyak bagi negara di benua Eropa. 

Kita nantikan saja, apakah Sejarah masih kuat untuk dilanjutkan, atau Sejarah sudah lapuk dan siap untuk dipatahkan? Hanya 90 menit di Stadion Maracanna lah yang dapat menjawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s